Analisa Emas

Emas telah Pulih 75 persen
29 April 2013
Emas telah Pulih 75 persen

Pergerakan emas terkoreksi karena investor membukukan keuntungan setelah bergerak rally 1 persen. Bullion kini telah pulih sekitar 75 persen dari kerugian besar yang terjadi antara 12 dan 16 April. Sentimen, masih pada pijakan investor di exchange-traded funds, yang menyorot dana yang keluar lebih lanjut tentang potensi penjualan bank sentral dan ketidakpastian atas stimulus moneter AS.

Driver nilai strategis pergerakan emas jangka panjang masih tetap solid, meskipun tekanan pasar akan terus terlihat untuk beberapa waktu, kata Dunia Gold Council (WGC) Jumat dalam sebuah laporan.

Dalam laporan triwulanan "Investor Emas", organisasi industri emas yang berbasis di London mengatakan bahwa setelah lebih dari setahun harga range-bound, emas telah berada di bawah tekanan yang signifikan selama beberapa bulan terakhir. Aksi sell-off di pertengahan April lalu telah menambah kekhawatiran bahwa pergerakan bullish emas telah berakhir.

"Dalam jangka pendek, menguatnya dolar AS, sentimen rapuh dan kekhawatiran Eropa penjualan emas bank sentral akan menciptakan lingkungan yang menantang bagi harga emas. Selain itu, terkonsentrasi dan kekerasan sell-off pada minggu kedua bulan April akan mengguncang kepercayaan harga emas untuk beberapa waktu, "kata WGC dalam laporannya.

Tapi situasi di atas tidak merusak driver mendasar jangka panjang atau nilai strategis jangka panjang emas, tegas laporan tersebut. "Kami percaya bahwa meskipun gejolak saat ini, fundamental pasar emas tetap sehat. Permintaan fisik untuk emas tetap kuat di India dan Cina," kata Marcus Grubb, Managing Director dan Strategist divisi investasi di WGC.

Pada pergerakan Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1466.30 per troy ounce. Sejak pembukaan market, emas langsung menguat tajam dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1485.15 per troy ounce. Emas kembali mendapatkan terkanan dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1448.05 per troy ounce. Akhirnya emas di tutup pada kisaran USD 1456.90 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan kerugian terhadap dollar sebanyak USD 9.4.

Pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali berada di atas indikator simple moving average (SMA) 20 dan 50 yang merupakan support kuat bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level  62 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi mixed. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.

Saat ini emas terlihat tertahan di area resistan dimana ada kemungkinan emas akan bergerak ke bawah. Jika emas menembus support USD 1455.87 per troy ounce berpotensi akan membawa emas bergerak ke bawah menuju support USD 1424.17 hingga 1384.97 per troy ounce. Sebaliknya jika emas menembus resistan uSD 1487.57 per troy ounce akan membujka peluang emas akan bergerak ke atas menuju resistan USD 1526.80 per troy ounce.

 

Fredy Rodo

Senior Consultant & Market Research

Disclaimer

Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. AntamGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.


Quick Contact

AntamGold

Jl. Daan Mogot Km.21, Tangerang

+6221 5586783

support@antamgold.com